Go Module dan manfaatnya pada Pemrograman Golang

Go Module merupakan dependency management yang dimiliki oleh bahasa pemrogrograman Golang. Fungsi dari fitur ini adalah untuk menginisialisasi projek yang akan kita buat, dan juga memanajemen library yang akan kita gunakan.

Sebelumnya, Jika kita tidak menggunakan go module, program yang akan dibuat harus ditaruh didalam folder Go Path. Artinya kita tidak boleh meletakan direktory projek kita di sembarang tempat, semua harus di taruh di dalam Go Path.

Dengan ditaruhnya file atau direktory projek pada gopath tentunya akan merepotkan apabila kita akan melakukan perpindahan proses development dari komputer satu ke komputer lainnya. Hal ini disebabkan karena kemungkinan letak go path berbeda – beda tergantung konfigurasi ketika menginstall.

Go Module hadir pada versi go1.11.  Dengan hadirnya fitur ini, pembuatan projek jadi semakin mudah, kita tidak perlu menaruh projek yang akan di buat pada folder Gopath. Kita bebas menaruhnya dimanapun sesuka kita

Menggunakan Go Module pada project

Untuk memulai menggunakan Go Modules, kamu dapat menggunakan Command atau perintah go mod init {namamodul} untuk menginisiasi project yang akan kita buat. Nama modul disini bebas kalian tentukan, namun alangkah baiknya jika disamakan saja dengan nama project kita.

Go Module Init VSCode

Go Module Init VSCode

Go Module Init Intellij

Go Module Init Intellij IDEA Ultimate

Terdapat sedikit perbedaan jika kamu menggunakan Intellij IDEA. Di Intellij kamu tidak perlu menuliskan command go mod init. Intellij IDEA sudah menyediakan pembuatan project menggunakan go module.

Dengan melakukan command go module, Golang akan menciptakan sebuah file baru dengan ekstensi mod. File ini berfungsi membantu memanajement library yang akan kita gunakan pada projek yang dikembangkan.

Jika kalian ingin menggunakan dependency, maka cukup tuliskan go get -u {alamatdepedency}, contoh :

go get -u github.com/gorilla/mux

Bagaimana mudah bukan ?, Mungkin sekian penjelasan mengenai Go Module dan manfaatnya dalam Pemrograman Golang, mari kita bertemu lagi di materi selanjutnya yaitu : Output Data pada Bahasa Pemrograman Golang, Jika ada yang perlu ditanyakan, tanyakan di kolom komentar ya gaes. Salam Coders.

Mungkin Anda juga menyukai